You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Taibah Raya

Kec. Tatah Makmur, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan

Serempak, 13 Desa di Kecamatan Tatah Makmur Salurkan BLT Dana Desa Tahap 3


Serempak, 13 Desa di Kecamatan Tatah Makmur Salurkan BLT Dana Desa Tahap 3

MARTAPURA, Poros Kalimantan – Raut sumringah terpancar dari wajah penerima manfaat berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang disalurkan melalui realisasi Dana Desa (DD) Tahun 2020.

 

Dari pantauan Poros Kalimantan, Rabu (8/7), secara serempak, 13 desa di Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar, kembali menyalurkan bantuan langsung tunai tahap ke -3, berupa uang tunai sebesar Rp.600 ribu, kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Diantaranya, Desa Pandan Sari, Mekar Sari, Bangkal Tengah, Tatah Bangkal, Tatah Layap, Layap Baru, Thaibah Raya, Tampang Awang, Tatah Jaruju, Jaruju Laut, Tatah Pemangkih Baru, Tatah Pemangkih Tengah, dan Tatah Pemangkih Darat.

Dengan jumlah total penerima diperkirakan mencapai 800 orang.

“Allhamdulillah, hari ini, secara serempak 13 desa di Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar, kembali menyalurkan BLT Dana Desa tahap 3. Diharapkan, pembagian BLT ini bisa dimanfaatkan dengan baik bagi keluarga penerima manfaat untuk membeli kebutuhan pokok semasa pandemi Cxovid-19,” pinta Camat Tatah Makmur, H.M Arsyad SPd, SH, MM, kepada penerima manfaat BLT Dana Desa, di Desa Pandan Sari.

Dalam kunjungannya, Camat, kembali menegaskan, bahwa penyaluran bantuan langsung tunai ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019, tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Termasuk dalam hal ini, untuk penerima manfaat BLT merupakan hasil akhir dari Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) dari masing-masing desa untuk menentukan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah, khususnya untuk masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu, penerima manfaat BLT Dana Desa, juga tidak tercatat sebagai penerima bantuan dari program sosial pemerintah, seperti BNPT (Bantuan Non Pangan Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan) maupun bantuan sosial lainnya.

Selanjutnya, Camat didampingi Tim Pendamping Desa Kecamatan Tatah Makmur, anggota Babinsa Kertak Hanyar juga menghimbau, kepada masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah guna memutus penyebaran virus covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Banjar.

 
“Meskipun sudah memasuki masa transisi menuju New Normal, namun masyarakat harus tetap waspada dan selalu menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti selalu menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak dengan menghindari kerumunan, serta sering mencuci tangan dengan sabun,” pungkas Camat.


Sementara, Pj. Pambakal Desa Pandan Sari, Didi Wahyudi, menambahkan, jumlah penerima manfaat BLT Dana Desa di Desa Pandan Sari, berjumlah 72 orang.

Dengan total anggaran yang dialokasikan dari Dana Desa Tahun 2020, sebesar Rp. 129.600.000.

“Untuk penyalurannya, sudah kami lakukan secara bertahap. Yakni, untuk tahap I penyalurannya pada bulan Mei, tahap II pada Bulan Juni, dan tahap ke III pada Bulan Juli ini,” beber Didi.

Ditempat terpisah, salah seorang penerima manfaat BLT Dana Desa, Nenek Rasidah, mengaku, sangat senang dan gembira dengan adanya perhatian dari pihak Pemerintah.

“Allhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat dan tentunya sangat dibutuhkan, apalagi sudah menjelang Hari Raya Idul Adha,” ucap Nenek Rasidah.(aa)

Bagikan artikel ini:
Komentar